Sekolah Alam

5 Hal Menarik Yang Ada di Sekolah Alam, Tarzan ada?

Sekolah Alam

Fokus utama dari sekolah dengan konsep unik ini adalah bertujuan untuk mengenalkan lingkungan ke anak melalui eksplorasi secara langsung terhadap alam. Peserta didik juga diajarkan sejumlah prinsip penting dalam kehidupan, misalnya menghargai perbedaan pendapat dan memandang keberagaman sebagai sesuatu yang perlu dipelihara.

Sesuai namanya, sekolah alam atau forest school merupakan sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam. Sekolah ini tidak memiliki bangunan fisik tetapi sekolah ini berada di luar ruangan.

Meskipun menawarkan konsep yang unik, apakah forest school memberikan manfaat yang sama seperti yang sekolah konvensional berikan? Sekolah alam memiliki kelebihan tersendiri jika dibanding dengan sekolah konvesional, berikut beberapa kelebihannya; 

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sekolah yang berfokus pada pengalaman ini dapat membantu anak-anak untuk tumbuh dengan kepercayaan diri sebagai wujud dari kebebasan mengeksplorasi alam. Waktu dan ruang yang diberikan dalam pembelajaran memungkinkan mereka untuk menunjukkan kemandirian individu setiap anak.

2. Mengasah Kemampuan Sosial 

Kegiatan seperti berbagi alat dan berperan serta dalam permainan membantu mengajarkan peserta didiknya untuk bekerja sama dalam kelompok, yang memperkuat ikatan sosial mereka. Sehingga nantinya, mereka akan menyadari arti pentingnya sebuah hubungan dengan orang lain.

3. Meningkatkan Kemandirian

Selain menawarkan kemampuan sosial melalui kegiatan yang dilakukan, anak-anak juga mendapatkan pembelajaran individu, yang mana dapat memupuk rasa kemandirian untuk mereka.

4. Belajar berkomunikasi

Meskipun terdengar sederhana, komunikasi menjadi hal yang penting untuk tumbuh kembang anak. Pengalaman sensorik yang diberikan oleh sekolah alam membantu perkembangan bahasa anak dengan cepat. Meningkatkan keterampilan komunikasi memiliki efek positif pada anak yang nantinya berperan krusial dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Meningkatkan Motivasi dan Fokus

Menghabiskan waktu di alam terbuka adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Hal ini cenderung memicu mereka mengembangkan keinginan dalam berpartisipasi dan meningkatkan fokus dalam jangka waktu yang lama.

Anak-anak yang mengembangkan minat di alam bebas akan belajar menghargai arti pentingnya lingkungan, serta mendorong mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan alam secara berkelanjutan bagi generasi mereka di masa yang akan datang.


Sekolah JosGandos
Madrasah JosGandos
SMK JosGandos
Kuliah JosGandos
Beasiswa JosGandos
Ekskul JosGandos
AKM JosGandos
Literasi JosGandos
PPDB JosGandos