Pendidikan Non Formal

5 Fakta Menarik Dari Pendidikan Non Formal

Sepanjang tahun 1970-an, beberapa negara menggunakan pendidikan nonformal sebagai program alternatif dari pendidikan. Karena, pada saat itu pendidikan di sekolah dinilai belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan pembelajaran. Bahkan hingga sekarang, pendidikan nonformal masih banyak yang dikembangkan. Lalu, apa aja sih kelebihan yang dimiliki oleh pendidikan non formal? Mari kita simak ulasan berikut ini,

Pendidikan Non Formal

1. Memberikan pendidikan keaksaraan

Pendidikan keaksaraan yang dimaksud berupa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung untuk masyarakat yang tidak memiliki pendidikan formal atau tidak menyelesaikan pendidikan dasar. Kamu juga bisa mendapat pendidikan keaksaraan tersebut melalui pendidikan non formal yang ada.

2. Menyediakan pendidikan fungsional dan perbaikan bagi masyarakat

Dalam hal ini pendidikan non formal memiliki peran penting dalam penyediaan pendidikan yang fungsional serta perbaikan untuk masyarakat yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan menengah. Jika kamu masih ingin terus belajar kamu dapat menjadika pendidikan non formal sebagai solusinya.

3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar

Selain dua point diatas, pendidikan juga dapat memberikan pendidikan bagi berbagai kategori lulusan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang mereka miliki sebelumnya. Bukan hanya dalam pendidikan formal saja, kamu juga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pendidikan non formal.

4. Mengadakan pelatihan dalam layanan, di tempat kerja, kejuruan, dan profesional 

Hal yang mungkin tidak selalu kita temui dalam pendidikan formal adalah adanya pelatihan secara langsung dalam pendidikan nonformal untuk berbagai kategori pekerja dan profesional dalam rangka meningkatkan keterampilan mereka.

5. Mengembangkan kepribadian dan aktualisasi diri

Mungkin banyak orang yang menganggap sebelah mata pendidikan non formal, padahal dengan pendidikan non formal peserta didik dapat lebih mengembangkan kepribadian dan aktualisasi diri mereka sendiri. Bukankah hal ini sangat bermanfaat nantinya? 

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai fakta dan kelebihan yang dimiliki pendidikan non formal, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memutuskan pendidikan apa yang akan kamu ambil, karena pada dasarnya baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal sama-sama memiliki peran penting untuk masa depan kamu.


Sekolah JosGandos
Madrasah JosGandos
SMK JosGandos
Kuliah JosGandos
Beasiswa JosGandos
Ekskul JosGandos
AKM JosGandos
Literasi JosGandos
PPDB JosGandos