Sekolah Cikal

Program Unggulan Yang Dimiliki Sekolah Cikal


Memilih sekolah bukan menjadi hal yang mudah bagi para orang tua. Salah satu pertimbangannya adalah kurikulum yang digunakan sebagai bahan pengajaran. Selain menggunakan kurikulum nasional yang digabungkan dengan kurikulum International Baccalaureate (IB), sekolah Cikal memiliki kurikulum sendiri yang bernama Cikal 5 Stars Competencies. Lalu apa aja sih, kelompok program yang ada di sekolah cikal, berikut ulasannya;

Sekolah Cikal

1. Pendidikan Pribadi Dan Sosial (PSPE)


Program ini difungsikan untuk membuat siswa memahami hidup manusia dan dunia di sekitar dengan membangun makna, mengeksplorasi konsep dan merevisi pemahaman. Sehingga peserta didik dapat seumur hidup mengadopsi sikap positif untuk belajar, mengembangkan dan menerapkan strategi untuk berpikir kritis dan kreatif. Sehingga akhirnya peserta didik mampu merefleksikan diri mereka sendiri, pengalaman mereka, dan proses pembelajaran untuk mendukung pertumbuhan pribadi dan komitmen yang berkelanjutan.

2. Studi Agama


Studi ini berfungsi untuk menghargai kebutuhan peserta didiknya dalam mengembangkan pemahaman tentang keyakinan mereka dan mempraktikkan nilai-nilai keyakinan ini dalam kegiatan sehari-hari. Pendidikan agama juga dianggap penting di sekolah untuk meningkatkan perkembangan spiritual, moral, sosial, budaya, mental, dan fisik siswa dalam berkehidupan masyarakat.

3. Matematika


Matematika dipandang sebagai kendaraan untuk memahami dunia sekitar kita. Pembelajaran Matematika dimaksudkan agar peserta didik menjadi pengguna bahasa matematika yang kompeten sehingga dapat memecahkan masalah secara efektif. Terdapat lima materi Matematika yang diajarkan di sini, yaitu penanganan data, pengukuran, bentuk dan ruang, pola dan fungsi, dan bilangan.

4. Sains


Program selanjutnya di Sekolah Cikal adalah Sains. Sains dipandang sebagai eksplorasi aspek biologis, kimia, dan fisik dari alam, dan hubungan antara siswa dengan makhluk hidup lainnya.

5. Ilmu Sosial


Ilmu sosial ini ditujukan untuk mendorong peserta didik menghormati dan memahami dunia sekitar mereka. Selain itu, program ini juga berfungsi untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam menyelidiki faktor sejarah, kontemporer, geografis, politik, sosial, ekonomi, agama, teknologi, dan budaya. Salah satu capaian dalam ilu sosial ini adalah mendorong peserta didik untuk terus mempertimbangkan perspektif lokal dan global ketika mendekati informasi atau materi pembelajaran.
Sebenarnya masih banyak program unggulan lain yang dimiliki oleh sekolah cikal. Semua program itu tergantung dari kebijakan sekolahnya.


Sekolah JosGandos
Madrasah JosGandos
SMK JosGandos
Kuliah JosGandos
Beasiswa JosGandos
Ekskul JosGandos
AKM JosGandos
Literasi JosGandos
PPDB JosGandos